Kamis, 26 Mei 2022

PERSIAPAN ANGGARAN DAN PELAKSANAAN KAMPANYE

 

Pertemuan Keenam Mata Kuliah

Perencanaan Kampanye Komunikasi

 

Hallo guys….

Pada pertemuan keenam mata kuliah perencanaan kampanye komunikasi membahas tentang “Persiapan Anggaran dan Pelaksanaan Kampanye”.

Peran Penting Perencanaan Anggaran

  • Menganalisis alternatif yang mungkin dilakukan dengan jumlah dana yang ada
  • Membandingkan dengan kampanye lain yang memiliki sumber daya yang sama
  • Membuat dana selalu terkontrol dalam administrasi yang jelas
  • Mengukur produktifitas kerja dengn mengaitkan biaya dan hasil yang diperoleh
  • Mengukur keefektifan biaya berkaitan dengan pencapaian tujuan kampanye secara keseluruhan

Menyusun Anggaran Dana

Pendekatan yang digunakan untuk membuat keputusan alokasi dana (Weilbacher dalam Simon, 1990)

Arbitrary Metods

Pengalokasian dana bergantung pada apa yang diputuskan oleh pimpinan organisasi. Pendekatan ini dapat dilakukan bila dana sudah disediakan dan tidak perlu lagi dicari

Rule-of Thumb Methods

Membagi pembahasan pada tiga term yang saling berhubungan, yaitu presentasi pendapatan organisasi, pengeluaran yang ditetapkan untuk setiap unit, metode pelaksanaan tugas agar hasil yang diperoleh sesuai dengan dana yang dikeluarkan

Market experience Methods

Dana dialokasikan dengan menyistematiskan umpan balik dari aktivitas kampanye. Umpan balik tersebut diperoleh dengan cara proyeksi dan pengujian pasar

Theoritical Methods

Yaitu memasukan model statistic yang dibuat berdasarkan data yang diperoleh melalui pengalaman sebenarnya. Statistik menunjukkan hubungan “jika X dikeluarkan maka hasil yang akan diperoleh adalah Y” mrtode ini perlu dilakukan penelitian yang mendalam agar hasilnya tidak meleset.

Kategori Pengalokasian Dana (Simmons, 1990)

  • Personel inti (Key Personel)
  • Temporary employees
  • Tenaga Kontrak
  • Tunjangan tambahan
  • Jasa produksi
  • Jasa pemeliharaan
  • Materi daur ulang (Disposable materials)
  • Benda-benda modal (Capital)
  • Biaya Media
  • Biaya distribusi
  • Biaya Transportasi
  • Biaya Komunikasi
  • Sewa tempat
  • Entertaiment
  • Biaya tak terduga

Strategi Pengumpulan Dana Kampanye

  • Motivasi yang dimiliki para contributor dalam memberikan bantuan.
  • Hubungan secara personal antara contributor dan tokoh atau public figure kampanye, hubungan tersebut bisa berupa hubungan persaudaraan atau teman.
  • Ketertarikan contributor karena sependapat serta mendukung kebijakan atau isu dalam program kampanye, ketertarikan ini membuat contributor sukarela mengeluarkan dana.
  • Penghargaan contributor terhadap apa yang telah dilakukan tokoh atau Lembaga, hal ini karena contributor merasa puas terhadap apa yang dilakukan oleh tokoh atau Lembaga pada waktu lalu.
  • Diminta oleh pihak lain diluar tim kampanye. Pihak lain atau pihak ketiga tidak berkaitan secara langsung dengan tim kampanye, namun sangat mendukung isu atau tokoh kampanye. Biasanya pihak lain mempunyai hubungan yang dekat dengan contributor sehingga permintaannya diperhatikan atau dikabulkan oleh contributor.

Alasan yang Membuat tidak Memberikan Bantuan

  1. Merasa tidak diminta
  2. Tidak mengetahui jumlah yang perlu dibantu
  3. Tidak mengetahui cara memberikan bantuan

4 elemen utama yang hars dicantumkan dalam rencana pengumpulan dana (shea, 1996)

  1. Besarnya dana yang diperlukan
  2. Waktu diperlukannya dana
  3. Pihak-pihak yang berpotensi menjadi contributor
  4. Taktik pengumpulan dana
Taktik yang Dipergunakan untuk Memperoleh Dana

       Personal Solicitation (one to one solicitation)

Adalah taktik pengumpulan dana secara langsung oleh tokoh atau Lembaga yang melaksanakan kampanye kepada contributor. Cara ini adalah yang paling termurah karena tidak diperlukan media. Taktik yang paling efektif, karena umpan balik dari contributor langsung diterima. Taktik ini membuat contributor secara personal merasa dihargai dan dibutuhkan serta dapat menjadi motivasi baginya untuk membantu.

Group Solicitation

Hampir sama dengan takik sebelumnya namun perbedaannya kalau sebelumnya melakukan pendekatan kepada contributor personal, kalau taktik ini dilakukan pada kelompok atau organisasi. Biasanya kelompok atau organisasi ini memberikan dana akan disebutkan pada berbagai kegiatan atau siaran kampanye, disebut juga sponsorship

Direct Mail

Permintaan bantuan dana melalui perantara pos yang dialamtkan kepada orang atau organisasi. Pesan direct mail, dapat dibuat bervariasi sesuai dengan karakteristik pihak yang akan dituju. Bahkan isi pesan dapat dibuat personal

Event

Merupakan salah satu taktik yang dapat digunakan untuk mengumpulkan dana, contohnya konser music, tur Bersama, pagelaran drama. Event kecil seperti, pesta kebun, makan malam, coffe break. Event dapat menjadi sarana yang baik untuk membuat contributor mempunyai ikatan hati untuk memberikan bantuan kembali pada program-program kampanye yang akan dating.

Telemarketing

Fungsi utamanya untuk meyakinkan contributor agar berpartisipasi dana, selain itu telemarketing dapat digunakan untuk mengingatkan dan memanggil kembali contributor yang sebelumnya pernah memberikan bantuan

Permintaan dari Rumah ke Rumah

Pengumpulan dana dilakukan dengan cara mengunjungi keluaga atau rumah contributor satu persatu dan memingta bantuan dana dari keluarga tersebut. Sebaiknya cara ini dilakukan untuk kampanye ang bersifat sosialyang ditunjukkan untuk masyarakat umum secara keseluruhan.

Friends of friends

Merupakan pengumpulan dana berantai dari satu orang kepada teman-temannya. Kontributor yang memberikan bantuan diminta untuk menyebarkan kepada sejumlah orang tertentu untuk melakukan kontribusi yang sama seperti dirinya.

Agar dilakukan maksimal hendaknya diberikan pamphlet atau brosur sejumlah teman yang akan dihubunginya. Dapat diberikan souvenir.

Penjualan souvenir kampanye

Banyak kampanye yang mempunyai mascot atau logo yang unik, bahkan pesan yang menarik. Untuk mendatangkan dana desain logo tersebut menjadi sesuatu yang menarik.

Realisasi Unsur-Unsur Pokok Kampanye

  • Perekrutan
  • Mengontruksi Pesan
  • Menyeleksi Penyampaian Pesan
  • Menyeleksi Saluran Kampanye
  • Menguji Coba Kampanye
  • Tindakan Kampanye dan Monotoring Pelaksana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Vlog Campaign #AyoKeKebunRaya

 Hallo guys.. Welcome back🙌🙌 Pada mata kuliah Perencanaan Kampanye Komunikasi dengan dosen Ibu Pipit. Kami diberi tugas untuk membuat Vlog...